Sekolah cari ilmu, bukan cari mati .. jangan salahkan pemerintah

Selasa, 29 Maret 2011

Sekolah Yang Mengikuti Snmptn Jalur Undangan

Hingga Kamis (10/3) tercatat lebih 400 sekolah yang mendaftar ke Universitas Sumatera Utara (USU) untuk mengikuti seleksi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan. Masa pendaftaran akan berakhir besok, Sabtu (12/3). Demikian diungkapkan Kepala Humas USU Bisru Hafi kepada MedanBisnis di Medan, Kamis (10/3). “Saat ini panitia sedang melakukan koordinasi ke pusat. Untuk jumlah sekolah yang diterima nanti kita umumkan,” katanya.

Menanggapi soal “pencucian” rapor, Bisru mengaku memang khawatir terhadap kemungkinan kecurangan yang dilakukan pihak sekolah. Sebab itu, lanjutnya, pihaknya melakukan Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) kepada calon mahasiswa yang masuk melalui SNMPTN jalur undangan.

Informasi dari panitia seleksi, sebutnya, jumlah peserta TPBI sebanyak 2.979 orang. Sedangkan jumlah peserta yang tercatat dan telah melakukan pendaftaran atau registrasi di Sumut sebanyak 3.244 orang.

Tes ini bertujuan untuk memberikan penilaian minat dan kemampuan siswa yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di dalam penerimaan mahasiswa baru khusunya berkenaan dengan SNMPTN jalur undangan. TPBI dirancang untuk mengukur pemahaman mengenai kemampuan siswa di bidang ilmu yang diminati, serta untuk mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan bidang ilmu pengetahuan terkini.

Bidang ilmu pengetahuan yang diujikan mengikuti sistem pengelompokan bidang ilmu pada jenjang pendidikan menengah atas (SMA) yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

USU akan menggunakan hasil TPBI sebagai salah satu bahan pertimbangan utama di dalam penerimaan mahasiswa baru khususnya pada SNMPTN 2011 untuk jalur undangan pada berbagai program studi favorit seperti Ilmu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Agribisnis, Keteknikan Pertanian, Farmasi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Niaga/Bisnis, Ilmu Keperawatan, Psikologi, Teknologi Informasi, Ilmu Hukum, dan semua program studi pada Fakultas Ekonomi serta Fakultas Teknik.

“Bagi siswa yang telah mengikuti TPBI akan diberikan sertifikat berdasarkan nilai ujian yang diperoleh melalui TPBI,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Rektor USU Prof Syahril Pasaribu menyampaikan, tahun ini USU menerima 7.227 calon mahasiswa baru melalui jalur nasional, yakni melalui SNMPTN sebanyak 4.337 orang dan melalui seleksi jalur lokal 2.890. Kuota yang diharapkan masuk di USU pada tahun 2011 berjumlah 7.227 untuk 46 program studi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar